Apakah Saya Programer Sukses?

Tanda programer sukses ada banyak dan berikut adalah beberapa tandanya.

Setiap orang dibekali kemampuan dasar Membaca, Menulis dan Berhitung. Beberapanya mampu mengembangkan kemampuan tersebut menjadi luar biasa. Menjadikannya orang berpengaruh bagi banyak orang.


Pemrograman termasuk kemampuan dasar seperti halnya Membaca, Menulis dan Berhitung. Setiap orang mampu menguasainya dengan waktu dan usaha keras.


Tanda-tanda berikut menjawab pertanyaan pada judul artikel ini.

1. Rendahnya Rasa Ingin Tahu

Jika rasa ingin tahu terhadap teknologi dan bagaimana ia bekerja rendah maka kamu tidak akan pernah menjadi programer sukses.

Syarat mutlak belajar adalah menyenangai hal yang akan dipelajari. Kamu ingin mahir pemrograman tapi tidak menyukai cara kerja prosesor sebaiknya berhenti. Jangan buang-buang waktu belajar pemrograman.

Programer harus haus keingintahuan terhadap perkembangan teknologi. Utamanya teknologi membangun perangkat lunak menjadi lebih baik.

2. Rendahnya Kemandirian

Selalu ingin hasil instan dengan tidak berusaha terlebih dulu menandakan kamu bukan programer sukses.

Ayolah.. cari dan cari.. usaha sekuat kemampuan. Jangan sedikit-sedikit bertanya ke forum dan grup. Kamu akan di bully, coba saja tanya ke sarang programer (Stackoverflow) tanpa menunjukkan koding hasil percobaan. Setiap bahasa pemrograman memiliki dokumentasi. Baca.. baca lagi., atau googling..

3. Mudah Menyerah

Semakin besar perangkat lunak semakin besar pula masalah yang dihadapi. Jika kamu selalu menyerah jangan bermimpi jadi programer sukses.

Inti dari ngoding adalah menyelesaikan masalah, karenya komputer diciptakan! Kamu mengetik kode untuk menyelesaikan tumpukan masalah. Setiap kali masalah selesai pada saat yang sama masalah baru muncul. Tidak satu baris kode-pun terketik sia-sia.

Sebagai manusia sewajarnya kita jenuh dan terkadang merasa putus asa. Menyelesaikan masalah memang melelahkan, menguras energi! Kembali lagi yakinkan pemahaman bahwa setiap masalah pasti ada solusinya.

4. Tidak Bahagia Ketika Menyelesaikan Masalah

Hari ini berhasil menyelesaikan 10 masalah tapi tidak merasa bahagia. Merasa hampa seperti tidak terjadi sesuatu. Tandanya belum menjadi programer sukses.

Setiap kali setumpuk masalah selesai entah besar atau kecil maka rayakanlah! Bersantai sejenak, biarkan rasa puas memberikan pencerahan baru. Dengan begitu kamu akan siap menghadapi masalah baru.

5. Tidak Sabaran

Jika kamu tidak sabaran ingin menguasai segalanya dengan cepat dan mudah menandakan kamu masih jauh dari kategori programer sukses.

Sebagai manusia kita memiliki keterbatasan. Memang teknologi bergerak sangat cepat tapi hal itu terjadi karena teknologi adalah kumpulan ide dari jutaan programer lain. Kamu seorang diri, otakmu cuma 1, kecepatan pemahaman terhadap sesuatu  dipengaruhi oleh mood dan kesehatan tubuh.

Ada banyak yang harus dipelajari dan pemrograman menuntutmu untuk terus belajar tanpa henti. Tapi itu kumulatif tidak simalabim.